PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI


Assalamu’alaikum wr.wb
Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai kajian perkembangan Teknologi Informasi. Jika berbicara mengenai perkembangan tentunya tidak terlepas membahas kaitan nya dari sejarah awal mula muncul teknologi,mulai dari jaman purba sampai dengan sekarang. Dan tentunya ini akan menjadi wawasan yang menarik bagi para penggila IT.
A. SEJARAH TEKNOLOGI INFORMASI
Dahulu, sebelum mulanya orang mengenal teknologi, banyak orang yang masih menggunakan tenaga manual, yakni hanya mengandalkan tenaga dan kemampuan tangan nya dalam menyelesaikan banyak tugas nya, dalam menyampaikan berbagai informasinya pun juga masih sangat tradisional yakni melalui goresan pada batu, pohon, daun, kulit binatang, dll. Berkembang lagi dari waktu sebellumnya yakni dengan bantuan mekanis, yakni mulai sedikit menggunakan keahlian menggunakan alat mekanik tradisional yang di gerakkan oleh tangan manusia seperti pascaline (blaise pascal 1642), kartu perforasi (Holerith 1889),Abacus ( alat hitung sempoa ). Seiring dengan kemajuan jaman dan makkin berkembang nya teknologi, akhirnya di gunakan lah alat elektronis sebagai awal mula perkembangan teknologi yang bekerja secara elektrik. Hal ini di awali dengan perkembangan computer dari generasi ke generasi sampai sekarang.
• Perkembangan Komputer Dari Generasi ke Generasi.
1. Komputer Generasi I
Masih menggunakan tabung hampa ( vacuum tube ), yakni masih menggunakan tabung gelas dengan sirkuit di dalam nya, Berukuran fisik sangat besar, masih menggunakan konsep stored-program dengan memori utamanya adalah magne- tic core storage. Cepat panas, sehingga memerlukan pendingin. Prosesnya kurang cepat. Membutuhkan daya listrik yang besar.
Contoh : ENIAC ( Elektronic Numerical Integrator and Computer ).

2. Komputer Generasi II
Pada computer generasi ini menggunakan transistor untuk menggantikan tabung hampa. Transistor mulai digunakan di komputer pada tahun 1956. Mengganti- kan bahasa mesin dengan assembly. Kapasitas memori utama sudah cukup besar sampai puluhan ribu karakter. Beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi mulai bermunculan, seperti Common Business-Oriented Language (COBOL), Formula Translator (FORTRAN), Algorithmic Language (ALGOL).
Contoh : UNIVAC ( Universal Automatic Computer ) merupakan computer pertama yang di komersialkan.

3. Komputer Generasi III
Pada generasi ini sudah menggunakan transistor namun menimbulkan panas yang cukup besar. Dan akhirnya tahun 1958 seorang Jack Kilby, yakni insinyur di Texas Instruments, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC, integrated circuit). Dengan mengombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. IC yang meliputi komponen transistor, resistor, dan kapasitor diintegrasikan ke dalam chip tunggal. Pada generasi ini juga memunculkan microprosesor pertama yakni Intel 4004 Microprosesor.

4. Komputer Generasi IV
Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yakni dengan mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.


5. Komputer Generasi V
Berkat kepopulerannya di kalangan rumah tangga maupun dunia bisnis, pada sekitar tahun 1982 Komputer Pribadi (Personal Computer) yang oleh Majalah “Time” diberi gelar “Man of The Year”. Selanjutnya menjelang tahun 1990-an, kemampuan Komputer pribadi meningkat secara drastis hampir menyamai kemampuan komputer multiuser. Kini komputer tingkat tinggi (higher-end computer) lebih sering membedakannya dari komputer pribadi dari segi kestabilan serta kemampuan multitasking yang lebih baik, daripada hanya bergantung semata-mata pada kemampuan CPU

Apabila di ambil kesimpulan dari setiap generasi, maka akan terlihat perbedaaan yang spesifik dari masing masing generasi, kita lihat saja dari :
1. Ukuran
Ukuran yang dulu besar pada generasi ke 1, sekarang sudah menjadi kecil
2. Harga
Harga yang dulu pasti mahal, sekarang pasti sudah lebih murah jika dibandingkan dengan koputer janman dahulu.
3. Speed
Dulu kecepatan yang lambat, sekarang sudah berbenah semakin cepat.
4. Memory
Memory yang dulunya mempunyai kuantitas penyyimpanan ang sedikit, kini ukuran nya pun semakin kecil namun memiliki daya penyimpanan data yang besar.

B. KLASIFIKASI KOMPUTER
Dilihat dari klasifikasinya, ada 5 sub bahasan , yakni sbb :
1. Supercomputer
Supercomputer adalah manipulator angka berkecepatan sangat tinggi yang digunakan terutama untuk aplikasi-aplikasi ilmiah dan rekayasa. Generasi baru dari superkomputer berbeda dari komputer mainframe konvensional dalam penggunaan pemroses paralel.
2. Mainframe
Mainframe adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal. Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuwan, untuk pemrosesan data perusahaan atau untuk keperluan militer

3. Workstation
Dalam bahasan jaringan komputer, istilah workstation biasanya dipakai untuk menyebut komputer (yang dipakai oleh pengguna) yang terhubung ke suatu jaringan. Dalam pengertian yang lain, workstation diartikan sebagai single user komputer yang berdaya penuh yang penggunaannya biasanya ditujukan untuk aplikasi high end graphics dan aplikasi desain tambahan. Disebut juga dengan nama graphics workstation

4. Microcomputer
Merupakan jenis computer yang ukuran fisiknya kecil, tetapi mempunyai kemampuan untuk mengolah data dalam jumlah yang besar.
Perbedaan antara mikrokomputer dengan komputer mini saat ini sudah tidak terlalu jauh, terutama dalam hal kemampuan memproses data.
Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu berinteraksi dengan penggunanya. Penggunaanya sangat populer pada penggunaan di rumah, atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.



5. Microcontroller
Microcontroller memiliki semua peralatan pokoknya sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Peralatan tersebut diantaranya adalah:
- pemroses (processor)
- Memori,
- Input dan output
Kadangkala pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Perangkat ini sangat ideal untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus, sehingga aplikasi yang diisikan ke dalam komputer ini adalah aplikasi yang bersifat dedicated.

Di dalam Teknologi Informasi tidak dapat terlepas dari istilah data dan informasi. Data dan Informasi adalah dua istilah yang berbeda. Data merupakan suatu kumpulan fakta, data diperlakukan sebagai raw material yang berarti masih mentah. Data bisa berupa gambar, tulisan, suara, video, dll. Contohnya: Mahasiswa, Mata Kuliah, dsb. Sedangkan informasi adalah data yang sudah mengalami pemrosesan sehingga memiliki makna / arti di dalamnya. Informasi ini berupa data yang saling berhubungan atau data setelah dimanipulasi. Informasi dapat dibedakan kedalam Informasi Perfect dan Informasi Inperfect. Informasi Perfect berupa informasi yang benar / pasti berdasarkan kenyataan. Misalkan “ Mahasiswa UM libur mulai H-3 Lebaran”. Informasi Inperfect masih bersifat belum pasti atau berupa kemungkinan, dugaan, prediksi, dsb. Misalkan “ kemungkinan liburan lebaran tahun ini di UM mulai H-5”. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kita temui sumber informasi mulai dari Media massa, Alat telekomunikasi, Elektronik, Pengamatan langsung di lapangan, Kuisioner, Pemodelan/simulasi, maupun pencatatan atau perekaman atas suatu kejadian.
Suatu informasi yang baik memiliki karakteristik antara lain;
- Tepat waktu
- Akurat
- Mudah diakses
- Menghilangkan keraguan
- Berhubungan
- Berdasarkan fakta
Sejak manusia berhubungan dengan Informasi, perubahan dan perkembangan dunia informasi senantiasa terjadi dari masa ke masa. Evolusi Abad Informasi dapat dibedakan sebagai berikut:
- Abad Pertanian (Tahun < 1800)
 Bertani, menggunakan tenaga manusia dan tangan
- Abad Industri (1800 – 1957)
 Bekerja di pabrik, menggunakan tenaga manusia dan mesin
- Abad Informasi (1957 – sekarang)
 Pekerja terdidik, menggunakan tenaga dan teknologi informasi
Pada saat ini kita mengenal Masyarakat Informasi, yaitu Suatu masyarakat dimana banyak sebagian besar orang melibatkan dirinya dengan bidang informasi dalam pekerjaannya daripada bidang yang lain seperti bidang pertanian ataupun industri.
Teknologi dan Teknologi Informasi
Teknologi adalah Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis. Sedangkan Teknologi Informasi menurut Kamus Oxford (1995) adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
Tujuan dari adanya Teknologi Informasi adalah Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.
Sedangkan Fungsinya adalah Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mengambil Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).
Komponen teknologi Informasi
Ada tiga Komponen utama teknologi informasi yaitu:
- Hardware; yaitu bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi
- Software ; yaitu sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” di mana di dalamnya termasuk program ,dokumen,data.
- Brainware; yaitu manusia sebagai user dari Sistem Komputer.
Selain itu dikenal istilah lain yaitu firmwere dan infowere. Firmwere adalah Softwere yang tertanam semipermanen di dalam suatu hardwere. Infowere adalah dokumen pendukung softwere, seperti lisensi, User Manual, Help dll.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan Pernah Kita Usul Jika Asal, Dan Jika Mau Usul Lebih Baik Jangan Pernah Asal...

andibayu. Diberdayakan oleh Blogger.

PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE